KKN-PPM tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika di tahun sebelumnya ikut serta dalam kegiatan masyarakat, kali ini fokus pada pemberdayaan UMKM di lingkungan daerah tinggal masing-masing mahasiswa.
Kuliah daring sejak hampir setahun ini, membuat sebagian besar mahasiswa kembali ke daerah masing-masing. Hal ini terlihat dari beragamnya UMKM yang menjadi target KKN-PPM, dari Surabaya hingga NTT.
Berikut daftar Pelaku UMKM dan hasil KKN-PPM Prodi S1 Administrasi RS :
1. Kelompok 1
UMKM : layanan jasa service AC
Produk :
a. pengoptimalisasian media pemasaran baik media online maupun offline.
b. Pemberian APD dan alat untuk service.
2. Kelompok 2
UMKM : kue putu surabaya
Produk :
a. Pembuatan banner
b. Pengecetan ulang grobak dan penambahan sticker
c. Pembuatan gmail
d. Pembuatan dan sosialisasi instagram
e. Pembuatan dan sosialisasi google sites
f. Sosialisasi penggunaan laporan keuangan secara elektronik
g. Penambahan Sticker kemasan
3. Kelompok 3
UMKM : Jual kebab sosis dan aneka camilan
Produk :
a. Pembuatan dan sosialisasi website (gmail, instagram, google sites) serta pembuatan dan sosialisasi laporan keuangan melalui aplikasi buku kas
b. Pembuatan banner dan print daftar menu
c. Pembuatan booth/gerobak
4. Kelompok 4
umkm : Toko Souvenir Pernikahan
Produk :
A. optimalisasi pemasaran melalui pembuatan Google Bisnisku, IG, Linktr.ee, Shopee
B. Pengecetan Toko dan Pemasangan Banner
C. Pemberian Edukasi : tentang online Shop, IG, Linktr.ee, Google Bisnis; Pembuatan dan pengeditan Kartu, Perencanaan pengadaan barang
5. Kelompok 5
UMKM : pengrajin tenun Manggarai di NTT
Produk :
a. optimalisasi pemasaran melalui pembuatan website, IG, channel youtube, FB
c. Inovasi produk kerajinan
c. Pelatihan kepada UMKM
6. Kelompok 6
UMKM : catering makanan
Produk :
a. Media sosial-pembuatan website, Ig,akun FB,
b. Media cetak: banner, brosur,kartu nama
c. sosialisasi pemasaran media sosial
7. Kelompok 7
UMKM : penjual Hijab Online
Produk :
a. Optimalisasi pemasaran melalui pembuatan website, Ig, video promosi,kartu nama, brosur, banner
b. Pembuatan masker
c. Pembelian Rak hijab dan sablon plastik kemasan
d. Jam dinding custom kayu (kenang-kenangan)
8. Kelompok 8
UMKM : SAKECY "SAKERA SPICY"
Produk :
a. pembuatan website (google sites) untuk pemasaran online
b. Optimalisasi pemasaran online (IG dan Shopee)
c. Pembuatan dan optimalisasi konten pemasaran online berupa foto produk dan video pemasaran
9. Kelompok 9
UMKM : Jasa rias pengantin
Produk :
a. Pengembangan pemasaran digital dengan google sites, IG, FB, dan vidio pemasaran di youtube
b. Pembuatan banner, kartu nama, dan price list
c. Sosialisasi penggunaan google sites
d. Pembelian box kosmetik (buah tangan)
10. Kelompok 10
UMKM: Penjual fried chicken
Produk:
a. Pengoptimlan pemasaran online melalui ig dan website
b. Pembuatan logo, benner, dan brosur
c. Mempercantik kemasan
11. Kelompok 11
UMKM : Penjual Tahu Rojo
Produk =
a. Pembuatan Email, IG , dan Linktree
b. Pengoptimalan Pemasaran IG&Facebook
c. Endors&Paid Promote dengan Akun Kuliner di Lumajang
d. Paket Kuota untuk Narasumber
0 comments:
Posting Komentar